14 May 2009

Rekor Tercepat Ketauan Nyontek

Zaman sekarang udah hampir gak ada yg jujur (kec. gue). Anak SD uda nyontek, SMP nyontek, SMA nyontek, Mahasiswa nyontek, bahkan guru pun ada yg nyontek!!! (ini beneran lho! Gw pernah liat di berita manaaaaa gitu..).

Di Indonesia, dimana segala cara dihalalkan, nyontek merupakan kegiatan harian. "Aduh, PR nya susah, nyontek ah..." " Aduh Tugasnya susah, nyontek ah....." "Aduh, ujiannya susah, nyontek ah..." "Aduh, bingung mo pesen makan apa, nyontek ah...."<-- Yg ini namanya bego... Ada yg nyontek elegan, cuma liat caranya aja gimana trus jawaban cari sendiri (khusus yg main2 sama angka. Cth, angka' beban, angka' beras, angka'an 45 :p). Ad yg nyontek gak kira2, bahkan ampe Nama, NIM, sama absen ikut dicontek!! Kasian donk dosennya bingung nih anak ngasih tugas koq banyak amat sih, sama semua lagi.... Ini rentan terjadi di BINUS, secara tugas kumpulnya lewat Internet (cieh, gaya amat!) sehingga sistem copas uda zalim, eh Lazim..

Gw pengen nyeritain pengalaman yg unik tentang nyontek.. Kejadiannya kira2 senin minggu lalu. Waktu itu kita2 anak IT semester 2 BINUS lagi ngadepin UTS K (nama samaran, pokoknya ini matkul nyebelin, banyak angka, rumus menggunung). Sebuah matkul yg sangat sulit, untung gw berhasil lolos dengan SKS - Saya Kayaq Sap....ehheem Sistem-Kebut-Semalam. Sumpah deh, sebelum tuh UTS, gw sama sekali gak pernah belajar K. Perlu diingat, SKS hanya bisa dikuasai oleh orang2 yg memiliki pengalaman belajar 20 taun (lha?! umur gw bru 18?!) jadi, banyak yg memutuskan mengambil jalan pintas....

Salah satunya adalah temen gw, si F (nama samaran lagi... Bukan! Namanya bukan Fuck kok!!). Di depan ruangan ujian, uda pada ngumpul. Ad yg bahas latihan, ad yg baca2 rumus lagi, ada yg ketawa2 sendiri di pojok, kayaqnya uda pasrah.... Nah, pas gw lgi ngebahas soal ama temen gw, si F ini tiba2 nyamperin temen gw minta pinjem stapler, ato lebih dikenal dengan "cekrekan". Usut punya usut, ternyata mo dipake buat ngestaples kertas berisi rumus2 ke jaketnya. Gw ama temen gw lanjut belajar, sementara si F kesusahan staples kertas ke jaketnya.

Selagi gw ama temen gw belajar, gak berapa lama ada seorang ibu2 berwajah garang n ganas alias dosen melintas di depan gw. Trus dia berenti di depan F yg masih gak sadar ada tuh dosen di sebelahnya gara2 masi sibuk ngesteples kertas ke jaket sambil ngomel2 "aduh, ini koq susah banget sih!!" Semua langsung diem, sunyi menatap kedua insan ini. Si F, menyadari ada bahaya melalui "Cheater Sense" nya langsung sadar ada dosen disitu, tapi terlambat..... Sang dosen tercinta uda ngeliat kertas berisi coret2 yg ssi dosen gak ngerti(aka RUMUS). "Itu apa? Contekan yah??" Dengan yakinnya sang dosen menuduh F. "Engga koq bu, nih mau saya buang," JEGERRR!!!! Sebuah excuse yg sangat amat tidak efektif pemirsa! Para penonton disitu cuma bisa nutupin mulut gara2 pengen ketawa. Tuh dosen akhirnya nyuruh F masuk ruangan buat diinterogasi. Pas mereka masuk, semua penonton (termasuk gw) ngakak se ngakak ngakaknya. F dengan sukses berhasil memecahkan Rekor Ketauan Nyontek Tercepat dengan waktu -10 menit!! Gak disangka klo ada yg bisa ketauan nyontek sebelum ujian dimulai...

Si F bisa dibilang beruntung, soalnya itu gak dianggap nyontek jadi masih boleh ikut UTS. Tapi masi bisa dianggap sial juga. Dia bangun jam 3 pagi cuma buat nulis tuh rumus. Akhirnya waktu pun kebuang sayang.... Ini bisa menjadi pelajaran buat kita, yaitu klo mo nyontek, jangan disiapin di depan ruang Ujian, soalnya sama dengan suicide!!! Oleh karena itu, marilah kita semua berusaha semampu kita untuk menemukan cara nyontek yg jitu n efektif.... Ingat juga sama teman, Unus pro omnibus, omnes pro uno, One for all, All for One. Ini bisa loh diterapkan saat ujian... Yah, selamat mencoba deh. Tpi klo ad ap2, gw gak tanggung yah....

Sampai jumpa di post berikutnya!!
EXCELSIOR!

1 comment: